Rapat Kerja IAGEO UPN “Veteran” Yogyakarta: Realisasi Program Kerja 2015 dan Perancangan Program Kerja 2016

2016-02-23 18:59:35 Warta Alumni
PENDAHULUAN
Pengurus pusat IAGEO mengadakan kegiatan Rapat Kerja (RAKER) tahun 2016 sebagai bentuk koordinasi antara pihak-pihak yang berkepentingan untuk membahas evaluasi kerja tahun 2015 dan program kerja tahun 2016. Acara RAKER berlangsung selama satu hari yaitu pada hari sabtu, 13 Februari 2016, bertempat di gedung kirana two office tower lt 18. rapat kerja kali ini dihadiri oleh berbagai pihak diantaranya pengurus pusat inti IAGEO, perwakilan angkatan, perwakilan kampus, dan perwakilan mahasiswa.
Acara RAKER dimulai pukul 09.30 wib dengan dipandu oleh dua MC yaitu Mas Ibak Tg99 dan Mbak Farah Tg08. Setelah acara dimulai MC langsung memberikan kesempatan kepada ketua IAGEO untuk menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka acara RAKER IAGEO 2016. Selanjutnya, MC kemudian menyampaikan rundown acara dimana pada acara RAKER kali ini akan dibagi ke dalam tiga bagian yaitu; sesi pleno 1, diskusi Kelompok Kerja (POKJA), dan sesi pleno 2. Pada sesi pertama, pleno 1, dibahas mengenai realisasi kegiatan kerja tahun 2015, masukan dari perwakilan angkatan, kampus dan mahasiswa, serta perancangan materi diskusi POKJA. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu diskusi POKJA dimana para peserta yang hadir dibagi ke dalam beberapa ruangan untuk bersama-sama mendiskusikan dan merumuskan program kerja yang akan dilaksanakan di tahun 2016. Kemudian setelah diskusi POKJA selesai para peserta kembali berkumpul di ruang utama dan masuk ke dalam sesi pleno 2. dalam sesi tersebut para pengurus pusat dan seluruh peserta yang hadir memfinalisasi program kerja yang telah di rumusukan di sesi diskusi POKJA sebelumnya.

Foto 1. Ketua IAGEO, Mas Sigit TG81 membuka acara RAKER 2016


MATERI DISKUSI
Pada sesi pleno 1, PP IAGEO yang diwakili oleh Mas Mustoto TG76 selaku sekjen IAGEO memaparkan ringkasan realisasi kegiatan kerja yang telah dilakukan di tahun 2015. Dalam pemaparannya, Mas Mustoto menyampaikan bahwa secara garis besar kegiatan kerja di tahun 2105 dibagi ke dalam tiga bidang khusus yaitu; bidang khusus alumni-alumni, bidang khusus alumni-kampus- mahasiswa, dan bidang khusus dana usaha. Pembagian tugas kerja ke dalam tiga divisi tersebut bertujuan untuk mengefektifkan fungsi kerja kepengurusan di tengah keterbatasan sumberdaya manusia yang dimiliki oleh pengurus pusat IAGEO. Adapun capain kerja pada tahun 2015 adalah sebagai berikut:

  1. Sekretariat
    a. Sayembara logo baru
    b. Website IAGEOUPN.or.id
  2. Bidang Khusus Alumni-Alumni
    a. Halal bihalal dan silaturahmi alumni 2015
    b. Masa puber (makan sambil kumpul dan belajar)
    c. Pangea Futsal Club
    d. Grup Whatsapp
  3. Bidang Khusus Alumni-Mahasiswa-Kampus
    a. Alumni mengajar
    b. IAGEO Pulang Kampus
  4. Bidang Khusus Dana Usaha
    a. Talkshow IAGEO
    b. Retail souvenir IAGEO

Selain itu Mas Mustoto juga menyampaikan status kas IAGEOUPN per Desember 2015. Total kas yang tersimpan di bendahara IAGEOUPN per-Desember 2015 adalah sebesar Rp. 500.262.726,- . Dana tersebut terdiri dari uang kas turunan kepengurusan sebelumnya sebesar Rp. 478.308.590,- dan tambahan dari hasil kegiatan IAGEO di periode 2015 sebesar Rp. 21.954.136,- (+ 4,5% dari jumlah kas periode sebelumnya).
Setelah pemaparan realisasi kerja tahun 2015 selesai, kemudian dilanjutkan dengan sesi masukan dari perwakilan angkatan, kampus dan perwakilan mahasiswa. Masukan pertama disampaikan oleh Mas Hendaryono TG77 sebagai wakil dari perwakilan angkatan yang hadir. Beliau menyampaikan bahwa jaringan (link) antara industri dan akademisi perlu untuk ditingkatkan. Kegiatan alumni mengajar yang telah dilakukan agar terus bisa terlaksana dan terkoordinasi dengan baik. Selain itu disampaikan pula mengenai kualitas alumni saat ini, apa yang menjadi kelebihan dan apa saja yang masih perlu untuk ditingkatkan.


Foto 2. Wakil dari Perwakilan Angkatan, Mas Hendaryono TG77 menyampaikan masukan untuk IAGEO


Masukan selanjutnya disampaikan oleh Rifqi TG13 selaku perwakilan mahasiswa yang juga merupakan ketua himpunan aktif periode 2015-2016. Point utama yang disampaikan oleh Rifqi adalah harapan dari mahasiswa agar sinergi antara kampus dan IAGEO bisa ditingkatkan, baik melalui media sosial maupun melalui media lainnya. Selain itu, disampaikan pula dalam waktu dekat himpunan mahasiswa akan mengadakan kegiatan besar berupa (1) PIT Perhimagi se-Indonesia dimana Teknik Geologi UPN menjadi salah satu tuan rumah acara, (2) Perayaan Hari Bumi, dan (3) Lomba Ketrampilan Akademik berupa Lomba Pemetaan Geologi. Untuk itu himpunan mahasiswa mengharapkan alumni bisa memberikan masukan dan bantuan financial demi kelancaran kegiatan tersebut.


Foto 3. Ketua Jurusan Teknik Geologi UPN VY, Mas Sugeng TG79 selaku perwakilan kampus menyampaikan masukan untuk IAGEO

Dari perwakilan kampus diwakili oleh Mas Sugeng Rahardjo selaku Kepala Jurusan Teknik Geologi UPN “Veteran” Yogyakarta dan juga salah satu alumni teknik geologi UPN angkatan 79 . Dalam kesempatan tersebut pertama-tama beliau menyampaikan salam dan permohonan maaf dari Rektor UPNVYK yang berhalangan hadir dalam acara RAKER. Namun demikian Rektor UPNVYK menitipkan beberapa pesan yang kemudian dibacakan oleh Mas Sugeng. Pesan dari rektor tersebut terkait dengan ranking UPNVYK yang baru saja dikeluarkan oleh DIKTI dimana posisi UPNVYK dari perangkingan tersebut dirasa kurang memuaskan. Adapun yang menjadikan hasil perangkingan berada pada posisi tersebut menurut pesan yang disampaikan oleh rektor UPNVYK dikeranak hal-hal sebagai berikut: 

  1. Data yg dipakai adalah data pada tahun 2013 pada saat itu UPN masih berstatus PTS sehingga semua data masuk di kopertis 5. Sementara pengolahan data untuk penilaian tersebut dilakukan pada bulan maret 2015 dimana pada saat diolah UPN sdh menjadi PTN. Hal tersebut menjadikan semua data yang ada di kopertis pada tahun 2015 kepunyaan UPN otomatis tidak di online ke dikti. dengan kata lain data-data dari UPN yg di tahun 2013 tidak masuk ke pangkalan data dikti. Hal ini menjadikan pada saat penilain data UPN tidak ada dan menjadikan penilaian dari dikti sangat rendah.
  2. Pada saat masih berstatus PTS dosen-dosen belum memiliki NIDN.
  3. Terkait masalah internal dimana sistem informasi di UPN masih belum bisa bekerja dengan baik dikarenakan setiap ganti direktur terjadi perubahan policy.

Namun demikian secara webometric peringkat UPN berada di posisi yang lebih baik dibandingkan dengan peringkat hasil penilaian DIKTI. Selain itu, UPN merupakan perguruan tinggi utama untuk daerah Kopertis V dimana seluruh PTS yang termasuk ke dalam kelompok Kopertis V mengacu hasil penelitian dari kampus UPN. Hal tersebut menjadikan peringkat dari DIKTI dirasa kurang relevan dengan kondisi riil UPN yang ada saat ini. 

Selanjutnya setelah masukan dari perwakilan angkatan, kampus, dan mahasiswa selesai, Mas Indra Jaya TG81 selaku wakil ketua PP IAGEO menyampaikan materi dan pokok kerja yang merupakan bahasan inti dari acara RAKER, serta menekankan kembali tujuan dari IAGEO sesuai dengan Angaran Dasar Organisasi yang disebutkan di pasal 5. Setelah itu pembahasan RAKER dibagi menjadi tiga kelompok diskusi yaitu; kelompok alumni-alumni, kelompok alumni-kampus-mahasiswa, serta kelompok dana usaha.

Foto 4. Suasana diskusi di salah satu kelompok diskusi POKJA

KESIMPULAN
Setelah diskusi POKJA selesai, semua peserta kembali berkumpul di ruang utama untuk melanjutkan acara ke sesi pleno dua. Di sesi pleno dua hasil rumusan diskusi POKJA disampaikan oleh masing-masing perwakilan kelompok bidang kerja dan untuk para peserta yang lain diberikan kesempatan untuk memberikan masukan atau tanggapan terkait program kerja yang diusulkan tersebut. Setelah pemaparan dan masukan dari para peserta yang hadir selesai, ketua IAGEOUPN memfinalkan program kerja IAGEOUPN 2016 dengan materi sebagai berikut:

Program Bidang Alumni 2016:

1. Database Alumni

a. Mengoptimalkan koordinasi angkatan untuk pengisian database ke IAGEOUPN.or.id dengan target minimal 500 alumni
b. Persiapan migrasi webs IAGEOUPN.or.id ke play store atau app store

2. Kartu anggota alumni

a. Migrasi dari kartu Atm Bukopin ke Electronic Money Mandiri

3. Duka Cita

a. Karangan bunga sebagai bentuk emphati dari IAGEO untuk Dosen (Suami/Istri) saja.
b. Untuk anggota IAGEO, bentuk empati diwakili oleh perwakilan angkatan yang merupakan bagian dari IAGEO

4. Masa Puber

a. Dilaksanakan dua kali di tahun 2016 dengan topik beasiswa dan entrepreneur

5. Olahraga dan alumni

a. Dibuatkan cluster interest per angkatan (komunitas hobi/minat)
b. Kompetisi Futsal Antar angkatan

6. Reuni

a. Syawalan Q3 2016
b. Reuni Pulang kampus (+ sharing knowledge) Q4 2016

7. Kaderisasi

Mengoptimalkan pertemuan alumni untuk menjaring kader baru

Program Bidang Kampus dan Mahasiswa

1. Kerjasama Institusi Geologi, Kerjasama dengan Univ. Top Dunia, Kerja Sama dengan Asosiasi Profesi/Penelitian Bersama (Scopus Index)

2. Optimalisasi TIK, Kecepatan Informasi (Update Berita)

3. Bimbingan Online Mahasiswa

4. Kegiatan Public Relations

5. Pertemuan Periodic Alumni-Mahasiswa-Kampus, Reuni Akbar

6. Administrasi Alumni Mengajar , Problem Solving (tips & trick penyelesaian masalah), Brainstorming di luar Ilmu Geologi, Workshop Kampus, Alumni Mengajar Terjadwal, Motivasi (Career & Development)

7. IAGEOUPN Award, Beasiswa Mahasiswa (uang, tambahan fasilitas), Pembiayaan Biaya Lomba Ilmiah.


Program Bidang Dana Usaha

1. Tempat Kesekretariatan di Jakarta dan Jogja (Untuk di konfirmasi ke kampus). Alternative untuk kesekretariatan di Jakarta adalah sbb:

a. Sumbangan Alumni untuk menyediakan tempat sementara minimal 2 tahun minimal 3x4 m2 (sebelum item sewa dan beli terealisasi)
b. Sewa Office building service
c. Sewa Tanah + Bangunan container (non permanen)
d. Sewa Properti
e. Beli Tanah + Bangunan container
f. Beli Properti

2. Detail Jenis usaha dan mekanismenya

a. Pengembangan retail tidak hanya untuk internal, misalkan lebih universal untuk semua geologi
b. Membuka peluang kerjasama
c. Memasukkan usaha dalam web IAGEOUPN

Setelah program kerja di finalisasi dan disahkan oleh ketua IAGEO, acara RAKER 2016 resmi ditutup. Dalam kata penutupan ketua IAGEO menyampaikan rasa syukur dan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara RAKER sehingga berjalan lancar dan sukses. Terutama untuk Mas Dudy Christian yang telah memberikan fasilitas ruangan yang digunakan dalam acara RAKER kali ini. Harapannya semoga apa yang dilakukan IAGEO bisa memberikan kontribusi positif baik secara langsung maupun tidak langsung bagi kemajuan almamater dan bermanfaat untuk seluruh alumni geologi UPN “Veteran Yogyakarta.

Materi Presentasi Hasil Raker Bisa di buka dari Link berikut ini: 

Summary Kegiatan 2015

Hasil Diskusi Pokja ALUMNI-ALUMNI

Hasil Diskusi Pokja ALUMNI-MAHASISWA-KAMPUS

Hasil Diskusi Pokja DANA USAHA

Daftar Hadir RAKER IAGEO2016

 

 

(IS)

© 2015 - 2019 IAGEOUPN.OR.ID. All rights reserved.